Hello Java!


Java Saungkode

Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembang pertama kali oleh Sun Microsystems dan dirilis pada tahun 1995. Java dapat berjalan pada berbagai platform seperti Windows, Mac OS, dan erbagai versi UNIX. Kali ini saya akan mengenalkan anak pada Bahasa Pemrograman Java dengan contoh-contoh sederhana. 🙂

Untuk menggunakan Java ada beberapa hal yang perlu kita bahas sebagai dasar.

Q : Dimana kita mendownload Java?

A : Website Java Oracle

Q : Bagaimana meng-install Java?

A : Jalankan saja hasil download kalian seperti instalasi lainnya. 🙂

Q : Bagaimana mengatur Environment Variables?

A : [ Windows 7 ] klik kana pada “Computer, lalu pilih “Advanced System Settings“, lalu pilih tab “Advanced” dan klik “Environment Variables“. Cari “PATH” pada list “System Variables” (jika tidak ada pilih “New..“). Kemudian tambah/isi dengan lokasi JDK Java kamu (misal “C:\Program Files\Java\JDK\bin;”), jika variabel path sudah ada isinya bisa langsung tambahkan dibelakang isi sebelumnya.

Q : Bagaimana memastikan Java sudah terinstal?

A : Buka Command Prompt, kemudian ketikan “java -version“. Bila sudah terinstal maka akan muncul versi dari Java yang kamu install. Jika belum, akan muncul tulisan “‘java’ is not recognized as an internal or external command,operable program or batch file.“.

Okay, kalau semua diatas sudah berjalan dengan lancar, mari kita mulai mengenal Java dengan cara yang sangat mainstream. Yes! membuat program “Hello World”. 🙂

Silahkan gunakan text editor favorit kamu, kemudian tulisankan kode sebagai berikut:

public class ProgramPertama {

    public static void main(String []args) {
       System.out.println("Hello World");
    }
}

Kemudian, simpan file dengan nama ProgramPertama.java (berikan nama sesuai nama Class di dalam kode). Lalu buka Commad Prompt kamu, arahkan pada folder tempat kamu menyimpan file Java tadi. Misal saya menggunakan folder “Java” pada “D:\@saungkode\Java” maka akan seperti gambar dibawah. Setelah itu untuk meng-compile kita menggunakan perintah “javac” seperti digambar. Maka akan muncul “ProgramPertama.class” pada folder kita (dapat di cek dengan perintah “dir“). Kemudian kita akan menjalankan program Java kita dengan perintah “java ProgramPertama“. Maka hasil dari program kita akan keluar seperti digambar.

ScreenShoot

Selamat! Sekarang kamu sudah berhasil menjalakan program Java pertama yang kamu buat sendiri! Keren! 🙂

 

 

One thought on “Hello Java!

Berikan komentar anda.. :)